Follow Me

Diberdayakan oleh Blogger.

My Beloved

Tips dan Trik

  • OFFICE

Trik Microsoft Word – Menggulung Dokumen Lebih Cepat

Pernahkah Anda mempunyai document yang panjang pada MS Word, yang terdiri dari puluhan halaman ? Apa yang Anda rasakan saat melakukan pengecekan document tersebut ? Kesulitan ! Ya, biasanya kita akan mengalami kesulitan saat melakukan pengecekan pada document tersebut, karena kita harus selalu menggerakkan mouse sekedar untuk menggulung (scrolling) document. Kesulitan ini bertambah jika mouse Anda tidak dilengkapi fasilitas scroll. Nah, untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya MS Word sudah menyediakan fasilitas Auto Scroll. Untuk menampilkan fasilitas tersebut caranya sebagai berikut :

1. Buka MS Word Anda.

2. Dari menu Tools, pilih Customize.

3. Pindah ke tab Commands.

4. Pada bagian Categories, gantilah menjadi All Command.

5. Pada bagian Commands, carilah AutoScroll.

6. Drag (geserlah) AutoScroll tersebut ke arah toolbar.

7. Klik Close.

Sekarang untuk melakukan scrolling, klik pada AutoScroll yang baru saja kita buat pada toolbar. Perhatikan pada bagian kanan, akan muncul AutoScroll. Anda bisa menggeser cursor tersebut ke atas atau ke bawah. Semakin ke atas atau semakin ke bawah, penggulungan akan semakin cepat.

  • Autonumber

Autonumber sangat penting dalam menghemat waktu mengetik data, jika data hanya sepuluh item mungkin autonumber tidak terlalu berguna tetapi jika data ada ratusan atau ribuan, maka autonumber sangat berguna.
Contoh pembuatan autonumber
1. Buat angka yang berurut, misalnya 1 pada sel A5 dan 2 pada sel A6, atau 1 dan 3 (untuk autonumber kelipatan)
Keterangan: sel A5 berarti (sel yang ada atau beralamat di kolom A baris ke 5), penamaan sel dimulai dengan kolom kemudian baris.
2. Blok (sorot) dengan cara klik pada sel A5 kemudian geser mouse ke sel A6

3. Arahkan mouse pointer ke pojok kanan bawah sel A6, tunggu hingga pointer mouse berubah menjadi tanda plus warna hitam, kemudian lakukan duoble klik

  • Menyimpan File Microsoft Excel Dengan Password

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.
Jika anda sering membuat dokumen dengan menggunakan Microsoft Exceldan tidak ingin dokumen tersebut dibuka oleh orang lain maka anda bisa memproteksi dokumen tersebut dengan menggunakan suatu password.
Untuk menyimpan file atau dokumen dengan diberi password dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut :
1. Buka file excel anda yang akan di password.
2. Pilih menu file, Save as, selanjutnya akan muncul kotak dialog Save As.
3. Klik tools, General Options, sehingga muncul kotak dialog seperti di bawah ini.
4. Pilih dan klik Password to open lalu ketik name misalnya “berkat”, agar lembar kerja hanya dibuka bisa oleh yang mengetahui passwordnya. Klik password to modify, ketik password misalnya “berkat”, agar lembar kerja hanya bisa disunting atau dimodifikasi oleh yang mengetahui passwordnya. Lalu tekan OK
5. Setelah itu akan muncul kotak dialog. Ketik reenter password to proceed berkat (password). Langkah ini perlu untuk menghindari kesalahan ketik password. Klik OK.
6. Ketik file name misalnya “File_Rahasia” lalu save.
7. Untuk menguji apakah sudah benar pemberian password, bukalah file File_Rahasia.xls
8. Kemudian akan tampil kotak dialog berikut, lalu isi dengan password yang anda masukkan tadi.
9. Klik OK, jika password anda benar maka secara otomatis akan masuk ke file excel tersebut.

  • Repair Dokumen Type DOC

Pada Microsoft Word Terdapat fasilitas bernama Text Recovery Converter yang berfungsi untuk membuka dan memperbaiki file-file yang rusak, tetapi fasilitas tersebut harus di install sendiri.
Caranya sebagai berikut :
1. Klik Control Panel lalu buka icon “Add and Remove Program”.
2. Pada kotak dialog Add and Remove Program, Pilih program Microsoft Office yang sudah terinstal.

3. Klik tombol “Change”.
4. Pilih “Add and Remove Feature”, lalu klik “Next”.
5. Pada kotak dialog “Microsoft Office Setup”, beri tanda centang pada pilihan “Choose Advanced Customization of Applications”, lalu klik “Next”.
6. Pada daftar fitur, Pilih “Converters and Filters”, terus klik tanda “+”.
7. Lalu pilih “Text Converters” dan beri pilihan “Run from My Computer”.
8. Klik “Update”.
Sesudah Text Recovery Converter terinstal, Anda dapat menggunakan fasilitas ini untuk membuka atau memperbaiki file-file yang rusak.
Caranya sebagai berikut :
1. Buka program Microsoft Word, lalu klik File, Open.
2. Pilih file dokumen yang ingin diperbaiki atau dibuka.
3. Klik panah kecil yang ada di sisi kanan tombol “Open”.
4. DI menu drop down yang terbuka, pilih “Open and Repair”.

Tidak semua teks bisa di recovery, tetapi itu dapat membantu anda untuk tidak mengetik semua text mulai dari awal karena sebagian text masih bisa di recovery.


0 komentar: